3 Makanan Sehat yang Bisa Membuat Asam Urat Kumat

Salah satu pola sehat yang harus dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Sehingga Anda sebaiknya memilih jenis makanan yang sehat dikonsumsi setiap harinya. Mulai dari mengkonsumsi salad, buah, sayur, kacang-kacangan, menghindari gorengan, menghindari junk food, dan berbagai makanan sehat lainnya. Dengan menjaga pola makan sehat ini nantinya Anda akan mendapatkan manfaatnya seperti tidak akan mudah sakit karena mempunyai daya tubuh yang tinggi, aman dikonsumsi dalam jangka panjang sehingga tidak terserang penyakit di kemudian hari, dan juga dapat menjaga berat badan dengan tidak menumpuknya lemak di badan. Oleh karena itulah sangat perlu untuk menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat setiap hari.

Akan tetapi ketika akan mengkonsumsi makanan sehat juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Karena banyak juga makanan sehat yang dijadikan pantangan apabila seseorang mempunyai penyakit tertentu. Sehingga bahan makanan sehat tidak bisa menjadi sumber yang baik untuk dikonsumsi pada penderita penyakit tertentu dan justru berbahaya. Seperti misalnya pada penderita asam urat yang juga mempunyai beberapa pantangan makanan tertentu. Sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi makanan sehat di bawah ini karena dapat membuat gejala asam urat kambuh sehingga merasakan tidak nyaman. Misalnya beberapa makanan sehat yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat adalah:

1. Sayur bayam

Jenis makanan sehat pertama yang sebaiknya dihindari atau tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat secara berlebihan adalah sayur bayam. Sayur bayam memang mempunyai manfaat untuk membuat pertumbuhan tulang lebih bagus dan kuat. Akan tetapi hal tersebut berbeda cerita apabila dikonsumsi oleh penderita asam urat. Dimana sayur bayam mempunyai kandungan purin yang sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar asam urat dan membuat Anda merasakan gejala asam urat ketika kumat. Oleh karena itulah kurangi makanan sehat ini dan ganti dengan sayur lainnya.

2. Seafood

Makanan sehat lainnya yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat adalah seafood. Makanan seafood memang mempunyai rasa yang enak dan juga berbagai pilihan jenis sesuai dengan selera. Seafood ini juga mempunyai kandungan yang bagus untuk perkembangan otak seperti protein dan omega 3. Akan tetapi seafood mempunyai kolesterol yang tinggi sehingga dapat membuat kadar asam urat menjadi naik. Oleh karena itulah sebaiknya hindari makanan dari bahan laut dan memilih daging putih seperti ayam dengan kadar kolesterol lebih sedikit.

3. Kacang-kacangan

Dan bahan sehat lainnya yang juga tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat secara berlebihan adalah kacang-kacangan. Bahan ini biasanya cocok digunakan untuk diet sehari-hari dan mempunyai kandungan lemak yang menyehatkan tubuh. Akan tetapi dalam kacang-kacangan juga mempunyai kandungan purin yang tinggi sehingga tidak baik untuk penderita asam urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *